Permasalahan Pemanasan Global di Indonesia

Pemanasan global merupakan permasalahan yang tengah dihadapi dunia saat ini, termasuk juga di Indonesia. Pemanasan global membuat suhu udara dipermukaan bumi semakin lama semakin panas, dan ini membuat bumi semakin tidak nyaman untuk ditempati. Anda mungkin pernah merasakan siang hari yang begitu terik yang membuat anda tidak nyaman? Nah itulah salah satu dampak dari pemanasan global. Dan inilah pembahasan singkat mengenai pemanasan global khususnya di Indonesia.

Gambar Pemanasan GlobalSumber Gambar dari Flickr

Pengertian Pemanasan Global

Situs ensiklopedia online Wikipedia mendefinisikan pemanasan global sebagai proses meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi baik itu didarat maupun air. Penelitian menyatakan bahwa sejak awal abad ke-20, bumi ini mengalami peningkatan suhu sebesar 0,8 derajat celcius atau 1,4 derajat fahrenheit dan 2/3 peningkatannya terjadi setelah tahun 1980-an. Berarti ini menandakan bahwa semakin lama pemanasan global semakin parah.

Apa Sih Penyebab Pemanasan Global Dari Indonesia?

  1. Jumlah kendaraan bermotor yang begitu banyak dan perkembangannya yang begitu pesat di Indonesia menyebabkan laju pemanasan global di Indonesia semakin cepat.
  2. Perkembangan industri yang disertai dengan meningkatnya jumlah pabrik juga menyebabkan pemanasan global karena mengeluarkan karbon dioksida.
  3. Industri pertanian dan peternakan Indonesia juga memiliki andil terhadap pemanasan global karena mengeluarkan gas metana yang menjadi penyebab efek rumah kaca.
  4. Kerusakan hutan akibat kebakaran atau penggundulan menyebabkan banyaknya gas karbon dioksida dan hilangnya kemampuan pohon-pohon menyerap karbon dioksida.
  5. Penggunaan pupuk yang berlebihan juga menjadi sebab terjadinya pemanasan globab sebab zat dalam pupuk memiliki kandungan 300 kali lebih kuat dari karbon dioksida.

Apa Sih Dampak Pemanasan Global Bagi Indonesia?

  1. Dampak pemanasan global yang sangat terasa bagi kita adalah semakin hari bumi semakin panas dan ini membuat bumi kita semakin tidak nyaman untuk ditempati lagi
  2. Pemanasan global dapat menyebabkan meningkatkan permukaan air laut dan ini bisa membuat pulau-pulau kecil di wilayah Indonesia tenggelam.
  3. Akibat pemanasan global ini bisa menyebabkan kekeringan dan gagal panen yang bisa mengancam manusia karenan kelaparan dan kekurangan gizi.
  4. Pemanasan global bisa memberikan dampak negatif berupa terjadinya berbagai macam penyakit seperti kanker kulit, sakit jantung, serta penyakit-penyakit lainnya.
  5. Efek pemanasan global bisa mengancam keanekaragaman hayati di Indonesia karena jutaan spesies mahluk hidup bisa mati akibat pemanasan global.

Bagaimana Cara Kita Mengatasi Pemanasan global?

  1. Salah satu cara menganggulangi laju pemanasan global yang semakin hari semakin parah ini adalah dengan menanam pohon, kita bisa melakukannya dirumah.
  2. Cara lain yang juga efektif mengatasi pemanasan global adalah dengan bersepeda, selain menjaga lingkungan bersepeda juga dapat menyehatkan badan.
  3. Menggunakan kendaraan umum juga merupakan aksi nyata mengatasi pemanasan global, ini jauh lebih baik daripada menggunakan kendaraan pribadi.
  4. Menggunakan energi listik secara wajar, semakin hemat kita menggunakan listrik maka laju pemanasan global akan semakin lambat dan lingkungan akan semakin terjaga.
  5. Menggunakan AC dan Kulkas secara wajar, komponen AC dan kulkas berupa Freon menjadi sebab pemanasan global. So, pakailah AC dan kulkas seperlunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s