12 Macam Batik Paling Populer di Indonesia

Macam-macam batik Indonesia sangatlah beranekaragam, ini merupakan kekayaan budaya Indonesia yang wajib kita lestarikan. Batik merupakan budaya yang memiliki nilai yang luhur yang merupakan warisan dari nenek moyang Bangsa Indonesia. Setidaknya kita memiliki 12 macam batik yang populer di Indonesia ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

BatikSumber Gambar Dari Flickr

1. Batik Kraton, namanya juga Batik Kraton jadi batik ini dulunya bersifat eksklusif atau hanya dipakai oleh orang-orang tertentu saja, akan tetapi saat ini tidak seperti itu.

2. Batik Cuwiri, pada umumnya batik jenis ini digunakan untuk kemben dan semekan. Cuwiri memiliki arti pakaian yang dipakai agar pemakainya pantas dan dihormati.

3. Batik Pringgondani, batik jenis ini biasanya terletak dalam warna yang gelap seperti hitam dan biru tua. Batik jenis ini umumnya tidak lepas dari gambar hewan seperti naga.

4. Batik Sekar Jagad, batik ini lebih untuk wanita karena artinya sendiri adalah keindahan dan kecantikan yang akan membuat orang yang melihatnya terpesona karenanya.

5. Batik Sida Luhur, menurut arti yang terkandung didalamnya batik ini dibuat dengan harapan agar apapun yang diinginkan bisa segera terlaksana, misalnya jabatan.

6. Batik Kawung, kalau kita cermati batik ini sangatlah rapi dengan pola yang geometris. Umunya batik ini bergambar bunga lotus yang artinya kesucian dan umur panjang.

7. Batik Semen Rama, batik jenis ini biasanya terlihat corak-corak alam baik itu yang ada didarat, laut, maupun udara. Batik ini dimaknai sebagai kehidupan yang makmur.

8. Batik Sida Asih, sama seperti Batik Sida luhur,batik Sida Asih juga dibuat dengan tujuan sebagai harapan agar keinginannya segera tercapai kelak.

9. Batik Tambal, batik ini memiliki arti yang sangat dalam yaitu menambal atau memperbaiki, maksudnya dalam hidup ini kita harus menjadi lebih baik dan lebih baik.

10. Batik Sida Mukti, pada umumnya batik jenis ini digunakan untuk acara-acara seperti pernikahan. Gurda adalah unsur motif yang sangat kental yang terdapat pada batik ini.

11. Batik Sudagaran, batik ini merupakan batik keraton dengan motif-motif yang sangat rumit tetapi sangat indah. Batik ini dibuat seniman untuk para saudagar.

12. Batik Petani, merupakan batik yang dibuat oleh para petani wanita yang mengisi waktu luangnya dengan membatik karena tidak pergi kesawah atau ladang untuk bertani.

One thought on “12 Macam Batik Paling Populer di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s