Pentingnya Fungsi Hutan di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas. Namun sayangnya kita masih belum bisa menjaga hutan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga hutan kita semakin hari semakin rusak. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran manusia akan pentingnya fungsi hutan di Indonesia. Dan inilah beberapa fungsi hutan di Indonesia:

Fungsi HutanSumber Gambar dari Flickr

1. Hutan dapat mencegah berbagai macam bencana alam seperti banjir dan longsor. Kedua bencana alam tersebut terjadi karena tanah tak mampu lagi menahan beban air dalam jumlah besar dan itu hanya bisa ditampung oleh hutan yang masih memiliki banyak pohon besar.

2. Hutan juga merupakan tempat penampungan air dalam jumlah yang sangat besar. Air tersebut ditampung didalam akar-akar pohon yang berada didalam hutan. Hutan juga mengatur keseimbangan air dimusim hujan dan juga musim kemarau.

3. Fungsi hutan lainnya adalah dapat menyuburkan tanah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hutan memiliki banyak sekali pohon yang berdaun lebat, daun-daun tersebut yang jatuh ketanah bisa menjadi humus yang tentunya dapat menyuburkan tanah disekitarnya.

4. Hutan mempunyai potensi komoditas perdagangan yang begitu luar biasa, kalau saja bisa dikelola dengan baik ini bisa digunakan sebagai sumber pendapatan negara yang sangat besar. Komoditas hutan diantaranya kayu, rotan, karet, getah perca dan masih banyak lagi.

5. Hutan merupakan rumah besar bagi flora dan fauna di Indonesia. Kerusakan hutan bisa menyebabkan kematian bagi flora dan fauna Indonesia, bahkan bisa menyebabkan kepunahan. Untuk itu kita harus bisa menjaga kelestarian ekosistem hutan yang ada di Indonesia.

6. Salah satu fungsi hutan lainnya adalah bisa mengurangi tingkat polusi dan pencemaran udara. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa gas karbon dioksida bisa diserap oleh tumbuhan dalam hutan dan mengeluarkan gas oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

One thought on “Pentingnya Fungsi Hutan di Indonesia

  1. Penghijauan memang sangat di perlukan ya Mas dalam keidupan kita, apalagi bila kita bisa melihat dari fungsinya yang sangat begitu jela, walau kita tidak bisa mebuat hutan besar, namun penghijauan bisa kita lakukan di tempat tiggal.

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s