Macam-macam Bencana Alam di Indonesia

Indonesia adalah negara yang termasuk sering ditimpa bencana alam, kejadian-kejadian tersebut tentu membuat kita terhanyut dalam kesedihan. Tetapi kalau kita mencermati lebih dalam, bencana alam yang menerpa kita bukan hanya kehendak alam saja, melainkan juga akibat ulah tangan-tangan jahil manusia. Dan inilah berbagai macam bencana alam di Indonesia.

Bencana Alam di IndonesiaSumber Gambar dari Flickr

1. Tsunami, bencana alam tsunami seringkali melanda daerah-daerah pesisir Indonesia. Kejadian tsunami terbesar di Indonesia terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 yang melanda Provinsi Nagroe Aceh Darussalam dan wilayah pesisir Sumatera bagian barat.

2. Gempa bumi, daerah-daerah di Indonesia terbilang cukup sering ditimpa bencana alam gempa bumi baik itu gempa vulkanik maupun gempa tektonik. Beberapa gempa bumi yang menelan korban jiwa diantaranya gempa Jogja (2006) dan gempa Padang (2009).

3. Banjir, bencana alam ini merupakan salah satu problematika besar diberbagai kota di Indonesia, tidak terkecuali kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Banjir besar yang terjadi di Indonesia diantaranya banjir Jakarta (2007) dan Banjir Bandung (2012).

4. Gunung Meletus, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak gunung, jadi mau tidak mau kita harus siap dengan kejadian alam gunung meletus. Peristiwa gunung meletus terbesar di Indonesia salah satunya adalah letusan Gunung Krakatau tahun 1883.

5. Tanah Longsor, kejadian ini termasuk yang sering terjadi di Indonesia terlebih ketika musim penghujan tiba. Penyebabnya utamanya adalah alih fungsi lahan dan hutan gundul. Kejadian tanah longsor terbesar salah satunya terjadi di Jawa Barat tahun 2005 silam.

6. Badai Topan, letak Indonesia yang berada didaerah tropis seringkali terkena badai seperti Badai Vemei tahun 2001 dan Badai Haiyan tahun 2013 (walaupun itu hanya ekor badai saja). Badai bisa menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana serta fasilitas-fasilitas umum.

7. Wabah Penyakit, bencana alam ini tidak kalah mengkhawatirkannya dengan bencana-bencana alam yang telah disebutkan sebelumnya. Contoh wabah penyakit yang pernah menyerang Indonesia antara lain AIDS, kolera, kaki gajah, malaria, cacar, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s