Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kerusakan lingkungan hidup yang palingn parah, baik itu kerusakan yang alami maupun kerusakan yang disebabkan oleh ulah tangan-tangan manusia. Sesungguhnya ini adalah sesuatu yang sangat bahaya yang bisa mengancam kelangsungan hidup manusia karena kita tidak bisa hidup tanpa alam ini. dan inilah berbagai macam faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup di Indonesia ini:

Banjir JakartaSumber Gambar dari Flickr

1. Letusan Gunung Berapi, saat terjadi letusan memang akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat parah, tapi setelahnya tanah sekitar gunung tersebut akan subur

2. Gempa Bumi, bencana ini bisa menyebabkan kerusakan yang sangat parah, bangunan hancur, jalan rusak, dan lain sebagainya seperti gempa yang melanda Padang tahun 2009.

3. Banjir, kejadian ini seringkali menerpa banyak kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan kota-kota lainnya. Banjir menyisakan kerusakan lingkungan dimana-mana.

4. Tanah Longsor, kerusakan yang diakibatkan oleh tanah longsor terbilang banyak seperti kerusakan pada struktur tanah, lahan pertanian, bangunan-banguan, infrastruktur, dll.

5. Badai Angin, peristiwa ini terbilang amat sering terjadi di Indonesia, Kerusakan yang ditimbulkan antara lain rusaknya lahan pertanian, tumbangnya pohon-pohon, dll.

6. Kemarau Berkepanjangan, bencana ini tidak hanya membuat kerusakan lingkungan hidup tetapi juga bisa mengancam keberadaan umat manusia karena kelaparan dan kehauasan.

7. Pencemaran Lingkungan, kasus-kasus pencemaran lingkungan yang terjadi sebelum-sebelumnya telah menyebabkan kerusakan lingkungan terutama pada ekosistem air.

8. Degradasi Lahan, kondisi ini bisa menyebabkan bencana alam lainnya seperti banjir dan tanah longsor. Perlu diingat bahwa degradasi lahan di Indonesia tergolong cepat.

9. Perburuan Liar, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka keanekaragaman hayati kita semakin berkurang yang bisa berdampak pada kerusakan ekosistem dan lingkungan hidup.

10. Membuang Sampah Sembarangan, prilaku tidak baik ini bisa menyebabkan bencana alam banjir dan kerusakan pada tanah sehingga tanah tidak lagi subur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s