Partisipasi Indonesia Diberbagai Organisasi Internasional

Indonesia adalah negara yang menganut ideologi politik luar negeri bebas aktif, artinya bebas menetukan pendapatnya yang tidak memihak blok barat atau blok timur, dan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia. Indonesia juga aktif didalam mengikuti organisasi-organisasi yang berskala internasional, dan inilah pembahasan singkat mengenai partisipasi Indonesia didalam berbagai macam organisasi internasional.

Organisasi InternasionalSumber Gambar dari Flickr

1. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), atau yang umumnya didunia internasional disebut United Nations (UN) adalah organisasi internasional terbesar karena dianggotai oleh hampir seluruh negara yang ada didunia ini. Hubungan Indonesia dengan PBB tidak selalu berjalan dengan baik, Indonesia pernah mundur dari PBB pada era Soekarno.

2. Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), merupakan organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara yang berada dikawasan Asia dan Pasifik. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1989 dengan tujuan menjalin kerjasama yang lebih erat lagi antar negara negara satu kawasan Asia dan pasifik serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

3. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), merupakan organisasi level internasional yang beranggotakan negara-negara yang memiliki perwakilan tetap di PBB. Saat ini jumlah anggota OKI adalah 57 negara dan tidak semua negara anggota OKI adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, ada juga negara yang penduduk muslimnya minoritas.

4. The Group of Twenty (G20), merupakan organisasi internasional yang anggotanya adalah negara-negara dengan perekomian terbesar didunia. Tujuan terbentuknya organisasi ini adalah untuk membahas permasalahan-permasalahan penting global khususnya untuk sektor ekonomi antara negara-negara maju dan berkembang.

5. Association of South East Asian Nations (ASEAN), merupakan organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara. Peran Indonesia didalam organisasi ini sangatlah strategis karena Indonesia merupakan satu dari lima negara yang mendirikan organisasi ASEAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s