Kondisi Fisik, Wilayah, dan Penduduk Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia yang memiliki belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, keunikan Indonesia lainnya ada pada letak astronomis dan geografisnya yang tentu berbeda dengan negara-negara lain. Indonesia juga dikenal kaya akan keanekaragaman flora faunanya, sumber daya alamnya, penduduknya, budayanya dan masih banyak lagi. Dan inilah pembahasan mengenai kondisi fisik, wilayah dan penduduk Indonesia.

IndonesiaSumber Gambar dari Flickr

– Letak Astronomis Indonesia dan Pengaruhnya

Menurut letak astronomisnya, Indonesia berada di 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Hal itu menyebabkan Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Selain itu Indonesia juga terbagi menjadi 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Tengah (WIT).

– Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada diantara dua benua (Asia dan Australian) serta diantara dua samudera (Pasifik dan Hindia). Oleh sebab itu, Indonesia sangat diuntungkan dengan keadaan seperti ini karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdangan (ekonomi) dunia.

– Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati terlengkap didunia setelah Brazil dengan Amazonnya. Hebatnya, Indonesia tidak hanya memiliki kelengkapan keanekaragaman hayati didarat saja, melainkan juga didalam (bawah) laut. Ini merupakan nikmat dari Tuhan YME yang harus kita syukuri bersama.

– Sumber Daya Alam Indonesia

Dunia sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan akan sumber daya alamnya. Sumber-sumber daya alam Indonesia ini dijadikan komoditas ekspor untuk meningkatkan devisa negara demi menciptakan kesejahteraan masyarakat. Contoh sumber daya alam Indonesia antara lain sawit, kopi, teh, ikan, udang, batu-bara, nikel, dll.

– Heterogenitas Penduduk Indonesia

Masyarakat Indonesia itu heterogen artinya berbeda-beda, meskipun demikian kita adalah satu Indonesia yang berbhinneka tunggal ika. Indonesia memiliki ratusan suku bangsa dengan ras yang berbeda yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Perbedaan ini harus menjadikan kita semakin bersatu-padu bukan bercera-berai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s