7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sekali gunung, baik yang masih aktif maupun tidak. Hal ini dikarenakan berdasarkan letak geologisnya, Indonesia terletak didua jalur pegunungan besar yaitu jalur pegunungan sirkum mediterania dan jalur pegunungan sirkum pasifik. Dari semua gunung yang ada di Indonesia, ada tujuh gunung tertinggi. dan inilah tujuh gunung tertinggi diwilayah Indonesia:

Puncak Gunung Tertinggi di IndonesiaSumber Gambar dari Flickr

1. Pegunungan Jaya Wijaya, dengan puncaknya di Carstenzs Pyramid yang mencapai ketinggian hingga 4.884 meter diatas permukaan laut (mdpl). Puncak carstenz merupakan satu-satunya puncak gunung yang ada di Indonesia yang masuk dalam daftar 7 summits.

2. Gunung Kerinci, puncak Gunung Kerinci mencapai ketinggian 3805 mdpl. Perlu diketahui bahwa Gunung Kerinci merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia yang berada didaerah pantai barat Pulau Sumatera (Bukit Barisan).

3. Gunung Rinjani, ketinggian gunung ini mencapai 3.726 mdpl pada puncaknya. Gunung yang berada diwilayah Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung aktif tertinggi ke-2 Indonesia dan juga gunung tertinggi ke-3 di Indonesia.

4. Gunung Semeru,  gunung ini merupakan gunung paling tinggi di Pulau Jawa dan gunung berapi paling tinggi ke-3 di Indonesia (3676 mdpl). Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga beberapa daerahnya dijadikan sebagai tempat wisata alam.

5. Gunung Jatimojong, gunung ini merupakan satu dari sekian banyak gunung aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Ketinggian puncak gunung ini mencapai 3430 mdpl yang bernama Rante Mario.

6. Gunung Binaiya, gunung yang mencapai ketinggian 3027 mdpl ini terletak di Pulau Seram, Kepulauan Maluku. Perlu diketahui bahwa gunung ini jarang sekali didaki karena tantangan dan medannya yang berat dan harus memulai pendakian dari 0 mdpl.

7. Gunung Bukit Raya, ini merupakan gunung tertinggi yang berada diwilayah Pulau Kalimantan dengan ketinggian puncaknya mencapai 2.278 mdpl. Gunung ini tepat berada diperbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s