Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa Indonesia

Saat ini kita hidup diera globalisasi, dan kita tidak bisa mengelak atas hal itu. Globalisasi itu sendiri memiliki arti sebagai hubungan atau keterkaitan antara individu atau negara yang mendunia tanpa terbatas dengan wilayah. Globalisasi ini dimungkinkan karena dunia yang semakin berkembang seperti perdagangan, investasi dan teknologi. Meskipun demikian globalisasi memiliki dampak positif dan negatifnya tersendiri seperti:

GlobalisasiSumber Gambar dari Flickr

Dampak Positif Globalisasi

1. Memungkinkan untuk ekspor berbagai komoditas dari Indonesia, dengan ini kita bisa meningkatkan devisa negara yang digunakan untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia.

2. Membuat perkembangan teknologi semakin cepat, ini sangat berguna sekali untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan berbagai macam aktivitasnya.

3. Membuat akses terhadap informasi dan ilmu pengetahuan semakin mudah, ini bisa membuat orang-orang dinegeri ini menjadi lebih cerdas dan berpengetahuan luas.

4. Menciptakan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan tingkat kehidupan yang lebih baik, tentu ini harus diimbangi dengan kecerdasan dan keterampilan yang dimiliki.

5. Beberapa tempat-tempat wisata di Indonesia menjadi terkenal, tidak hanya didalam negeri melainkan juga diluar negeri seperti bali, Lombok, Raja Ampat, Mentawai, dll.

Dampak Negatif Globalisasi

1. Bangsa Indonesia semakin dipengaruhi budaya-budaya barat yang datang dari banyak sumber seperti televisi, internet, dll yang notabene lebih banyak tidak baiknya.

2. Membuat nilai-nilai luhur, identisas, kepribadian dan semangat bangsa semakin luntur seperti gotong-royong, solidaritas, kepedulian, kesetiakawanan sosial.

3. Membuat masyarakat dinegara ini lebih cenderung individualistis (mementingkan dirinya sendiri) terutama untuk orang-orang yang bertempat tinggal diwilayah perkotaan.

4. Masyarakat manjadi lebih hedonisme (mementingkan kehidupan duniawi) dan juga sekulerisme (mengabaikan nilai-nilai agama demi kepentingan dunia).

5. Sedikit demi seditik budaya-budaya asli Indonesia menghilang, ini dikarenakan kita cenderung lebih tertarik kepada kebudayaan barat yang datang ke Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s