Inilah 10 Sungai Paling Panjang di Indonesia

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, sungai merupakan urat nadi kehidupan karena memiliki banyak sekali fungsi antara lain sebagai tempat perdagangan, aliran irigasi, jalur transportasi air, untuk perikanan, dan masih banyak lagi. Negara Indonesia memiliki banyak sungai, baik itu sungai yang alirannya panjang maupun sungai yang alirannya pendek. Dan inilah sepuluh sungai terpanjang di Indonesia:

Sungai KapuasSumber Gambar dari Flickr

1. Sungai Kapuas, dengan panjang aliran sungai yang mencapai 1.178 km sungai ini menyandang title sebagai sungai terpanjang di Indonesia dan juga di Kalimantan.

2. Sungai Mahakam, sungai yang berada diwilayah Kalimantan ini merupakan sungai terpanjang ke-2 di Indonesia dan juga Kalimantan dengan panjang mencapai 920 km.

3. Sungai Barito, sama seperti sungai Kapuas dan Mahakam, sungai Barito juga terletak di Kalimantan. Sungai terpanjang ke-3 di Indonesia ini memiliki panjang aliran 909 km.

4. Sungai Batanghari, panjang sungai ini diperkirakan mencapai 800 km dan menjadikan sungai ini menjadi sungai terpanjang di Sumatera dan ke-4 di Indonesia.

5. Sungai Musi, Sungai dengan panjang mencapai 750 km ini merupakan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia. Sungai Musi merupakan ikon dari Kota Palembang, Sumatera Selatan.

6. Sungai Membramo, sungai yang disebut-sebut dengan Amazon-nya Indonesia ini terletak dipedalaman Papua merupakan sungai terpanjang ke-6 di Indonesia (670 km).

7. Sungai Bengawan Solo, sungai yang menjadi ikon Kota Solo ini merupakan sungai terpanjang di Jawa dan ke-7 di Indonesia dengan panjang aliran sungai 548,53 km.

8. Sungai Digul, seperti halnya Sungai Membramo, sungai ini juga terletak dipedalaman Papua. Sungai terpanjang ke-8 di Indonesia ini memiliki panjang aliran 546 km.

9. Sungai Indragiri, sungai yang mengalirkan airnya hingga ke Laut Cina Selatan ini memiliki panjang hingga 500 km yang menjadikannya sunga terpanjang ke-9 di Indonesia.

10. Sungai Kahayan, merupakan sungai terpanjang ke-10 di Indonesia yang terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sungai ini bermuara kewilayah selatan, yaitu Laut Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s