Ciri-ciri Masyarakat Madani, Bagaimana Dengan Indonesia?

Setiap negara tentu memdambakan masyarakatnya menjadi masyarakat yang madani. Masyarakat madani itu sendiri bermakna masyarakat yang beradab yang senantiasa menjungjung tinggi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut serta didukung oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai sebuah negara, Indonesia memiliki karakteristik sebagai negara dengan masyarakat madani, dan inilah ciri-ciri dari masyarakat madani:

DemokratisasiSumber Gambar dari Flickr

1. Adanya ruang yang bebas untuk publik, masyarakat bebas melakukan berbagai aktivitasnya diruang umum seperti berorganisasi, berserikat, berkumpul, berpendapat dan aktivitas-aktivitas lainnya dan tentu harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab.

2. Menjungjung tinggi demokratisasi, salah satu ciri dari masyarakat madani adalah adanya demokratisasi mulai dari lingkup keluarga hingga lingkup negara. Demokarasi sudah seharusnya bisa membuat masyarakat lebih bermoral dan beretika dalam bernegara.

3. Adanya sikap saling toleransi dalam masyarakat, meskipun masyarakat suatu negara itu heterogen (berbeda-beda seperti Indonesia) jika dilandasi dengan sikap toleransi antar masyarakat, niscaya negara itu menjadi negara yang aman dan tentram.

4. Pluralisme, merupakan suatu sikap menghargai dan menghormati adanya perbedaan dalam masyarakat suatu negeri. Sikap ini sudah seharusnya dimiliki setiap warga negara Indonesia karena Indonesia adalah negara yang majemuk/heterogen.

5. Menegakkan keadilan sosial, yang dimaksud dengan keadilan sosial disini tidak hanya menyangkut bidang hukum saja, melainkan juga segala aspek kehidupan masyarakat dalam bernegara, seperti ekonomi (kesejahteraan), keamanam (rasa aman), dan lain-lain.

6. Partisipasi sosial, salah satu wujud nyata dari masyarakat madani adalah mengikuti dan turut serta dalam kegiatan sosial bernegara seperti ikut serta dalam pemilu. Sudah seharusnya pastisipasi sosial bersih dari rekayasa dan kepentingan politik praktis.

7. Kekuatan dari hukum, masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab yang senantiasa patuh dan taat terhadap hukum yang berlaku. Hukum yang baik akan menciptakan negara yang berkeadilan dan hukum tidak poleh seperti mata pisau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s